Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis HTML5 menggunakan Scirra Construct 2, dengan fokus meningkatkan minat dan motivasi anak-anak dalam mempelajari huruf Hijaiyah secara lebih menarik dan interaktif. Tujuan utamanya adalah mempermudah anak-anak dalam memahami serta membaca Al-Qur'an dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Dalam proses penelitian ini, data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, dokumentasi, internet, dan literatur terkait untuk mendukung kevalidan dan keakuratan informasi yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tampilan multimedia dan desain yang interaktif secara signifikan meningkatkan minat peserta, terutama di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Media pembelajaran interaktif dinilai memberikan manfaat besar bagi siswa dalam hal memahami huruf Hijaiyah dan konsep-konsep Al-Qur'an secara lebih menyeluruh. Dengan demikian, pendekatan ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mereka tetapi juga membangun dasar yang kuat untuk pemahaman agama sejak dini, yang penting bagi perkembangan spiritual dan intelektual anak-anak.
Copyrights © 2025