Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimen design, pre-test dan pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ. Sampel yang terpilih melalui sampling jenuh digunakan karena kecil sehingga semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Kemudian, uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Hasil dari kedua uji ini menjadi dasar untuk menentukan teknik analisis lanjutan yang tepat, seperti uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis inferensial dengan perhitungan menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa data pretest dan postest telah memenuhi uji normalitas yang merupakan uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis. Data pretest dan postest telah terdistribusi dengan normal karena nilai p ≥ α = 0.05. hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa berdistribusi normal karena signifikasi lebih besar dari 0,05. Hasil perhitungan menunjukkan nilai t- hitung > tabel t- tabel 4,363 > 2,1098 dengan demikian Ho ditolak dan terjadi penerimaan H1. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah 4 Tallo.
Copyrights © 2025