Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ Di SMK Muhammadiyah 4 Tallo

Nyolle (Unknown)
Nurdin (Unknown)
Nurindah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimen design, pre-test dan pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ. Sampel yang terpilih melalui sampling jenuh digunakan karena kecil sehingga semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Kemudian, uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Hasil dari kedua uji ini menjadi dasar untuk menentukan teknik analisis lanjutan yang tepat, seperti uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis inferensial dengan perhitungan menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa data pretest dan postest telah memenuhi uji normalitas yang merupakan uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis. Data pretest dan postest telah terdistribusi dengan normal karena nilai p ≥ α = 0.05. hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa berdistribusi normal karena signifikasi lebih besar dari 0,05. Hasil perhitungan menunjukkan nilai t- hitung > tabel t- tabel 4,363 > 2,1098 dengan demikian Ho ditolak dan terjadi penerimaan H1. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah 4 Tallo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...