Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika organisasi dalam konteks perubahan organisasi dan pengelolaan stres kerja di lingkungan Madrasah Aliyah. Perubahan organisasi yang terjadi di madrasah. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor penyebab stres dalam organisasi pendidikan serta strategi manajemen stres yang dapat diterapkan. Sumber data dikumpulkan dari literatur ilmiah yang relevan, termasuk jurnal, buku, dan laporan penelitian terdahulu. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan perubahan organisasi sangat bergantung pada perilaku adaptif individu, komunikasi yang terbuka, dan dukungan institusional yang kuat. Selain itu, pengelolaan stres yang efektif melalui pendekatan partisipatif, konseling, dan pelatihan peningkatan kapasitas mampu memperkuat ketahanan organisasi dalam menghadapi dinamika internal maupun eksternal. Penelitian ini merekomendasikan perlunya perencanaan perubahan yang partisipatif serta integrasi kebijakan manajemen stres sebagai bagian dari penguatan tata kelola madrasah yang sehat dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025