Prestasi akademik selama ini kerap dinilai hanya dari aspek kognitif, padahal terdapat dimensi lain yang turut berkontribusi, salah satunya adalah kecerdasan emosional. Kajian ini bertujuan untuk menguraikan dan menganalisis peran kecerdasan emosional dalam meningkatkan prestasi akademik siswa berdasarkan telaah literatur ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tinjauan pustaka sistematis terhadap artikel-artikel ilmiah nasional dan internasional yang diterbitkan dalam rentang tahun 2015 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berperan penting dalam menunjang keberhasilan akademik, baik secara langsung melalui kemampuan mengelola emosi dan membangun relasi sosial, maupun secara tidak langsung melalui motivasi belajar dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Meskipun demikian, hubungan tersebut tidak selalu konsisten dalam semua konteks pendidikan. Kebaruan dalam kajian ini terletak pada pemetaan teoretis menyeluruh mengenai mekanisme pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik lintas jenjang pendidikan. Simpulan dari kajian ini menegaskan pentingnya integrasi pengembangan kecerdasan emosional dalam sistem pendidikan sebagai bagian dari pendekatan pembelajaran yang lebih holistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025