Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar menghadapi tantangan dalam mengajarkan hafalan doa harian karena metode yang digunakan cenderung monoton dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas lagu Islami dalam meningkatkan hafalan doa harian siswa SD IT Ar-Raudhah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menganalisis data melalui model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu Islami mampu meningkatkan antusiasme dan kemampuan hafalan siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta memperkuat pemahaman makna doa. Peran aktif guru dalam memilih lagu dan mengaitkannya dengan nilai-nilai spiritual turut mendukung keberhasilan strategi ini. Temuan ini menunjukkan bahwa lagu Islami efektif digunakan sebagai metode pembelajaran PAI yang kreatif dan kontekstual di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025