Sikap toleransi dan antidiskriminasi dalam membentuk karakter siswa sebagai pendidikan karakter yang termuat dalam visi Profil Pelajar Pancasila. Dengan ini, dilakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam rangka mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk menumbuhkan sikap toleransi dan antidiskriminasi pada siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jembrana di Kabupaten Jembrana, Bali dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL yang dirancang dengan tema keberagaman dalam proyek kolaboratif berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menghargai perbedaan dan menolak tindakan diskriminatif. Dengan demikian, PjBL dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang relevan dalam pendidikan karakter toleransi dan penanaman antidiskriminasi. PjBL bukan hanya metode pengajaran, tetapi juga wahana pembentukan karakter yang mengintegrasikan kognisi, afeksi, dan sosial secara nasional dan relevansi pada pembelajaran secara utuh.
Copyrights © 2025