Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 5 No. 7 (2025)

Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi dan Antidiskriminasi Siswa Kelas 3 MI

Mukarramah, Mukarramah (Unknown)
Sanjaya, Dewa Bagus (Unknown)
Suastika, I Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Sikap toleransi dan antidiskriminasi dalam membentuk karakter siswa sebagai pendidikan karakter yang termuat dalam visi Profil Pelajar Pancasila. Dengan ini, dilakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam rangka mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk menumbuhkan sikap toleransi dan antidiskriminasi pada siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jembrana di Kabupaten Jembrana, Bali dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL yang dirancang dengan tema keberagaman dalam proyek kolaboratif berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menghargai perbedaan dan menolak tindakan diskriminatif. Dengan demikian, PjBL dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang relevan dalam pendidikan karakter toleransi dan penanaman antidiskriminasi. PjBL bukan hanya metode pengajaran, tetapi juga wahana pembentukan karakter yang mengintegrasikan kognisi, afeksi, dan sosial secara nasional dan relevansi pada pembelajaran secara utuh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...