Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan Metode Window Shopping untuk mata pelajaran tersebut di kelas V. Penelitian dilakukan melalui bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam dua siklus, di mana setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 28 siswa kelas V yang berasal dari salah satu sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan berpikir kritis serta observasi aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pada tahap pra-siklus, hanya 7% siswa yang termasuk dalam kategori memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. Setelah penerapan tindakan pada siklus I, prosentasenya meningkat menjadi 64,2%, tetapi belum mencapai indikator keberhasilan. Penyempurnaan strategi pembelajaran di siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana 95,2% siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang termasuk kategori tinggi. Selain itu, rata-rata nilai hasil belajar juga mengalami kemajuan, dari 70,8 pada siklus I menjadi 80,8 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model window shopping terbukti berhasil dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2025