Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 5 No. 7 (2025)

Efektivitas Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Powtoon untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa SMP

Putri, Thesalonica Bona (Unknown)
Atmoko, Adi (Unknown)
Flurentin, Elia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa efektif layanan bimbingan klasikal dengan bantuan media Powtoon dalam meningkatkan pemahaman diri peserta didik jenjang SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain true eksperimental yang mengadopsi skema pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Sebanyak 63 orang siswa kelas VII dari SMP PGRI 1 di salah satu kota Jawa Timur menjadi subjek dalam penelitian ini. Melalui teknik cluster random sampling, mereka dibagi ke dalam dua kelompok: 31 orang siswa dalam kelompok yang menerima intervensi dan 32 orang siswa dalam kelompok pembanding. Intervensi dilakukan melalui empat sesi layanan bimbingan klasikal berbasis media Powtoon yang diberikan hanya kepada kelompok eksperimen. Sebaliknya, kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan selama periode penelitian. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pemahaman diri dengan 29 butir pernyataan yang telah tervalidasi dan memiliki reliabilitas tinggi (α = 0,945). Hasil analisis statistik menggunakan paired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara skor awal dan akhir pada kelompok eksperimen (p = 0,000), sedangkan tidak terdapat perbedaan berarti pada kelompok kontrol (p = 0,085). Sementara itu, analisis dengan independent sample t-test memperlihatkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok pada pengukuran posttest (p = 0,001). Temuan tersebut menunjukkan bahwa penerapan media Powtoon dalam layanan bimbingan klasikal efektif dalam meningkatkan pemahaman diri siswa pada jenjang SMP.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...