Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman
Vol 10, No 1 (2025): Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS VYGOTSKY TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA SD NEGERI No. 100709 AEK PINING

harahap, Nenni Hairani (Unknown)
Harahap, Indra Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran tematik yang berlandaskan pada teori perkembangan kognitif Vygotsky terhadap perkembangan kognitif siswa di tingkat sekolah dasar. Pendekatan tematik dipilih karena kemampuannya untuk mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu ke dalam satu tema pembelajaran, sehingga sangat  relevan dengan kebutuhan perkembangan anak-ank usia sekolah dasar. Teori Vygotsky menjadi acuan  dalam penelitian ini, dengan penekanan pada konsep Zona Proksimal Perkembangan (ZPD) dan scaffolding sebagai strategi utama.Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test yang melibatkan kelompok kontrol. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas IV di SD Negeri No. 100709 Aek Pining, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerapkan pendekatan pembelajaran tematik berdasarkan teori Vygotsky, sedangkan  kelompok kontrol mengikuti metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan signifikan dalam kemampuan kognitif siswa dari kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pendekatan pembelajaran tematik yang didasarkan pada teori  Vygotsky memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pengorganisasian konsep siswa. Peningkatan  ini terjadi berkat interaksi sosial yang terstruktur, peran guru sebagai mediator, dan dukungan scaffolding yang diberikan selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran tematik yang berdasarkan teori Vygotsky terbukti efektif dalam meningkatkan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar. Temuan ini menegaskan pentingnya pengintegrasian teori Vygotsky dalam desain kurikulum pembelajaran tematik untuk mendukung perkembangan kognitif siswa secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-muaddib

Publisher

Subject

Education Other

Description

Al- Muaddib (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman)adalah jurnal yang menampung publikasi ilmu sosial dan keislaman, baik itu artikel maupun hasil penelitian dari Dosen, Mahasiswa dan ...