Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 2 (2025): Juli 2025

Pengaruh Self Efficcacy Terhadap Prestasi Belajar di SMAN 12 Pekanbaru pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas XI

Azzahrah, Diffa (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)
Sri, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran kimia di SMAN 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket self efficacy yang telah divalidasi dibagikan kepada sampel berjumlah 140 peserta didik yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data nilai hasil belajar kimia dikumpulkan melalui dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitiahn ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self efficacy terhadap prestasi belajar kimia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...