Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat dan motivasi belajar baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian “expost facto” yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Makassar. Sampel penelitian ini adalah semua anggota dari populasi yang terdiri dari 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan tes, sedangkan untuk mengukur minat dan motivasi belajar siwa digunakan angket. Hasil penelitian mwngungkapkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Makassar dalam kategori sedang yaitu sekitar 48 % dengan nilai rata-rata 75,40 sedangkan minat belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Makassar berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 44,32. Hasil analisi inferensial menunjukkan bahwa minat belajar matematika berpengaruh posiitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Makassar, dan motivasi belajar matematika berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar matematika secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Makassar dengan nilai f hitung > f tabel yaitu 29,152 > 3,44 atau nilai P < taraf signifikan yaitu 0.00 < 0,05 dengan nilai sumbangan total (R2)= 0,726 atau 72,6 % dengan persamaan regresi Y= 16,464+0.440 X1 + 0,786 X2
Copyrights © 2025