Latar belakang, Peningkatan mutu dan keselamatan pasien merupakan proses kegiatan yang tidak pernah berhenti dan harus selalu dilakukan oleh rumah sakit di indonesia. Jika rumah sakit tidak terakreditasi maka akan berdampak pada kualitas pelayanan di rumah sakit sehingga merugikan tenaga kesehatan dan masyarakat itu sendiri. Tujuan Penelitian,untuk mengetahui apakah ada pengaruh standar akreditasi rumah sakit terhadap mutu pelayanan di RSUD Haji Makassar Tahun 2024. Metode,yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian terdiri dari 6.663 pasien yang dirawat di instalasi gawat darurat, rawat jalan, dan rawat inap, dengan sampel sebanyak 102 responden yang diambil menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan teknik univariat dan bivariat menggunakan uji Chi- Square. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara manajemen rumah sakit (p=0,031), pelayanan berfokus pada pasien (p=0,003), sasaran keselamatan pasien (p=0,000), dan program nasional (p=0,003) terhadap mutu pelayanan di RSUD Haji Makassar. Disarankan agar RSUD Haji Makassar memperhatikan prosedur yang lebih efektif dan meningkatkan edukasi terkait kesehatan untuk mencapai mutu pelayanan yang lebih baik.
Copyrights © 2025