Perencanaan strategis dalam pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu rangkaian proses yang dirancang secara sistematis untuk menentukan arah lembaga kebijakan melalui penyusunan visi, misi, tujuan, serta langkah-langkah konkret guna mendorong peningkatan kualitas pendidikan secara optimal dan efisien. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengeksplorasi pengertian, ciri-ciri utama, tahapan pelaksanaan, dan dampak dari penerapan strategi perencanaan dalam konteks pengembangan kualitas PAUD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur dari berbagai referensi ilmiah yang relevan. Hasil temuan menunjukkan bahwa strategi perencanaan yang dijalankan secara tepat memiliki sifat kolaboratif, fleksibel, menyeluruh, dan fokus pada penguatan sumber daya manusia. Strategi proses ini meliputi identifikasi permasalahan, analisis kondisi internal dan eksternal, penetapan visi dan misi, penyusunan program kerja, serta penyusunan dokumen perencanaan. Dampak dari implementasi strategi ini tercermin dalam peningkatan kualitas lembaga, seperti efisiensi manajerial, peningkatan kapasitas tenaga pendidik, sinergi dengan pemangku kepentingan, serta peningkatan daya saing. Berdasarkan studi kasus di beberapa PAUD, pendekatan strategi yang konsisten dan berbasis analisis seperti SWOT dan PESTEL terbukti dapat memperkuat keinginan dan menyesuaikan arah pendidikan dengan dinamika zaman. Oleh karena itu, perencanaan strategis bukan hanya sebatas dokumen administratif, melainkan merupakan pilar utama dalam mewujudkan pengelolaan PAUD yang bermutu dan berdaya saing.
Copyrights © 2025