Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V di UPTD SDN Mrecah 2 Bangkalan dalam mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), dengan fokus pada muatan IPA. Latar belakang penelitian adalah rendahnya tingkat literasi sains siswa, yang ditandai oleh pemahaman konsep yang terbatas dan kurangnya keterampilan berpikir kritis, akibat dari penggunaan metode pembelajaran yang berpusat pada guru dan media yang kurang mendukung. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & McTaggart dalam dua siklus. Pada Siklus I diterapkan model Group Investigation (GI) dengan bantuan media PowerPoint interaktif, namun hasil kognitif siswa belum optimal. Perbaikan dilakukan pada Siklus II dengan mengganti media menjadi pop-up book, yang mampu meningkatkan pemahaman konsep secara signifikan. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 33% pada Siklus I menjadi 60% pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pembelajaran kooperatif dan media interaktif yang menarik efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025