Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR: TINJAUAN LITERATUR

Zahra, Anabila (Unknown)
Dewi, Isma (Unknown)
Puspita, Mira (Unknown)
Darwanto, Darwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Pendidikan merupakan dasar utama dalam membangun suatu bangsa. Fokus utama pendidikan adalah pengembangan keterampilan literasi, yang meliputi kemampuan membaca, menulis, dan memahami informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren, karakteristik, dan menganalisis efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di sekolah dasar melalui  pendekatan kajian tinjauan literatur. Metode  dalam penelitian ini ialah metode Tinjauan Literatur  dengan jenis pendekatan PRISMA.  Sumber data yang digunakan adalah database google scolar dengan rentang pencarian dokumen dari tahun 2020-2024. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan video animasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar telah memberikan dampak yang cukup besar bagi siswa, terutama dalam hal membaca, Penggunaan video animasi telah terbukti meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan video animasi efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Hal ini terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, kemudian  dengan adanya penggunaan video animasi ini siswa lebih aktif karena mudah mengenali huruf dan siswa jauh lebih aktif berpartisipasi. Penggunaan video animasi kemungkinan besar terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran membaca. Temuan ini mengimplikasikan Penggunaan media video animasi sebagai sarana pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, serta  untuk mendorong integrasi media digital dalam kurikulum dan pelatihan guru. Riset lanjutan disarankan untuk mengkaji efektivitas media ini pada berbagai aspek keterampilan membaca dan pada kelompok siswa yang berbeda, termasuk siswa dengan kesulitan belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...