Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran bahasa indonesia di tingkat sekolah dasar. Metode yang diterapkan adalah Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian ini menunjukan publikasi dokumen terkait penggunaan motode talking stick dalam pembelajaran bahasa indonesia di SD terus mengalami peningkatan selama 5 tahun terakhir. Puncak peningkatan jumlah publikasi dokumen terbanyak adalah pada tahun 2023 yang mencapai 206 dokumen. Maka dapat di artikan pada tahun ini lah banyak peneliti yang tertarik mempublikasikan document terkait penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Talking Stick sangat meningkatkan keterlibatan aktif, kemampuan berbicara, dan pemahaman konsep siswa. Karena itu, direkomendasikan bagi para tenaga pendidik khususnya guru untuk menggunakan metode talking stick dalam upaya meningkatkan keefektifaan pembelajaran bahasa indonesia di SD. Di samping itu, pemanfaatan metode ini dapat memperbaiki pencapaian belajar bahasa indonesia secara signifikan, baik pada kelas rendah maupun kelas tinggi. Dengan demikian, metode ini telah terbukti membantu dalam proses pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar.
Copyrights © 2025