Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar melalui metode Systematic Literature Review (SLR). Kajian ini dilakukan secara sistematis dengan menelusuri artikel melalui Google Scholar menggunakan kata kunci “audio visual”, “bahasa Indonesia”, dan “sekolah dasar”. Dari total 9.970 artikel yang terbit pada rentang tahun 2020–2025, dilakukan proses penyaringan dan uji kelayakan hingga diperoleh 11 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil kajian 11 artikel melaporkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menyimak siswa, 6 artikel menunjukkan peningkatan keterampilan menyimak, dan 5 artikel terkait peningkatan kemampuan membaca dan menulis. Selain itu, media audiovisual juga terbukti meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa terhadap materi. Meski demikian, keterbatasan studi ini mencakup ruang lingkup geografis yang sempit, dominasi metode eksperimen tanpa studi longitudinal, serta kurangnya variasi konteks pendidikan. Implikasi praktis dari studi ini adalah perlunya pelatihan guru dan pengembangan bahan ajar berbasis audiovisual secara sistematis di sekolah dasar. Disarankan agar penelitian selanjutnya memperluas cakupan wilayah dan menggunakan pendekatan mixed methods untuk menghasilkan temuan yang lebih representatif dan aplikatif terhadap kebijakan pendidikan nasional.
Copyrights © 2025