Tujuan utama dari penelitian ini yaitu melihat tingkat keberhasilan guru dalam menerapkan metode bernyanyi untuk melatih daya ingat belajar anak. Pada penerapannya, metode bernyanyi dapat melatih daya ingat belajar, kepercayaan diri, kemampuan kognitif yang kuat, dan pemeliharaan emosi serta suasana hati positif anak. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Lokasi penelitian terletak di TK Dharma Wanita 01 Tambakrejo Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yang dilakukan adalah observasi pada proses penerapan metode bernyanyi dan wawancara dengan dua guru kelas. Hasil dari catatan lapangan dan wawancara tersebut kemudian dianalisis dengan berbagai cara. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi dapat melatih daya ingat belajar anak. Melalui metode bernyanyi, anak akan merekam dan menyimpan informasi di dalam otak. Kemudian, anak akan mengambil informasi yang tersimpan dalam ingatan saat dibutuhkan. Metode bernyanyi tersebut dapat meningkatkan kapasitas memori anak dalam merekam, menyimpan, dan menggunakan kembali informasi. Pada penelitian ini, memori merujuk pada kapasitas anak untuk mengingat pembelajaran yang telah diberikan oleh guru. Implementasi metode bernyanyi dalam melatih daya ingat belajar pada anak usia dini di TK Dharma Wanita 01 Tambakrejo Blitar cukup berhasil.
Copyrights © 2025