Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis objek pengajaran dalam perspektif Al-Qur’an serta mengevaluasi relevansinya terhadap sistem pendidikan modern. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena sistem pendidikan kontemporer yang lebih menekankan aspek kognitif, namun mengabaikan pembinaan akhlak dan spiritualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research), di mana data dikumpulkan dari kitab tafsir, literatur pendidikan Islam, serta jurnal ilmiah relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek pengajaran dalam Al-Qur’an bersifat holistik dan komprehensif, meliputi akidah, akhlak, ibadah, ilmu pengetahuan, sejarah umat terdahulu, serta fenomena alam. Al-Qur’an tidak memisahkan antara ilmu dunia dan akhirat, antara dimensi intelektual dan spiritual, sehingga mampu membentuk manusia paripurna (insan kāmil). Relevansi objek pengajaran Al-Qur’an terhadap sistem pendidikan masa kini terlihat dalam kontribusinya terhadap penguatan pendidikan karakter, integrasi ilmu agama dan sains, pendidikan lingkungan, serta pembentukan kurikulum yang seimbang antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya rekonstruksi kurikulum berbasis nilai-nilai Qur’ani guna menciptakan pendidikan yang berlandaskan integritas, iman, dan ilmu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025