Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi kelincahan dan kecepatan terhadap kemampuan dribbling pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tim futsal di SMP PGRI Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi untuk menguji hubungan antara variabel fisik (kelincahan dan kecepatan) dengan keterampilan dribbling. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelincahan tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan dribbling, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,30 dan kontribusi sebesar 9%. Kecepatan juga tidak menunjukkan kontribusi yang signifikan, dengan nilai r sebesar 0,37 dan kontribusi sebesar 13%. Sementara itu, gabungan antara kelincahan dan kecepatan memberikan kontribusi sebesar 14% terhadap kemampuan dribbling, dengan nilai r sebesar 0,38, namun belum menunjukkan kontribusi yang kuat. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemampuan dribbling pada siswa di lingkungan sekolah kemungkinan lebih dipengaruhi oleh faktor lain, seperti teknik dasar, pengalaman bermain, atau aspek kognitif dan afektif. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembinaan yang lebih komprehensif dan menyeluruh dalam pengembangan keterampilan dribbling di tingkat sekolah.
Copyrights © 2025