Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Sila Sepak Takraw Melalui Gaya Mengajar Resiprokal SMP Negeri 2 Merbau Kabupaten Meranti

Syah, Adriyan (Unknown)
Zulkifli, Zulkifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Sila Sepak Takraw Melalui Gaya Mengajar Resiprokal SMP Negeri 2 Merbau Kabupaten Meranti. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Merbau Kabupaten Meranti. yang berjumlah 10 orang siswa yang terdiri dari 6 orang siswa putra dan 4 orang siswa putri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian Teknik sepak sila sepak takraw. Teknik Analisa data yang digunakan adalah menghitung persentase ketuntasan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai upaya meningkatkan hasil belajar sepak sila sepak takraw melalui gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Merbau Kabupaten Meranti, dapat disimpulkan bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hanya 60% siswa yang mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai 79,06, dan kategori ketuntasan klasikal dinyatakan belum tuntas. Namun setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, seluruh siswa (100%) berhasil mencapai nilai di atas KKM (81) dengan rata-rata nilai meningkat menjadi 90,00, sehingga kategori ketuntasan klasikal dinyatakan tuntas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...