Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media video pembelajaran shalat dalam meningkatkan kemampuan gerakan shalat anak usia dini sebelum dan sesudah penerapan media video pembelajaran shalat. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest dengan pendekatakan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel secara ramdom sampling, yaitu sebanyak 24 anak usia 5-6 tahun di RA Takrimah. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi gerakan shalat, yang diberikan pada tahap Pretest dan Posttest. Hasil Pretest menunjukkan nilai sebesar 42,1 dengan rata-rata 1,75. Setelah diberikan perlakuan melalui tiga tahapan pembelajaran menggunakan media video dan penjelasan materi, hasil Posttest meningkat dengan nilai total 69,7 dan rata-rata 2,9. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikansi Pretest sebesar 0,819 > 0.05 dan Posttest sebesar 0,114 > 0.05, yang keduanya lebih besar dari 0,05 sehingga data dinyatakan berdistribusi normal. Selanjutnya, Uji t menunjukkan nilai thitung dan ttabel 11,049 > 2,067. Maka sig (2-tailed) 0,000 < 0.05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa media video pembelajaran shalat efektif dalam meningkatkan kemampuan gerakan shalat pada anak usia dini.
Copyrights © 2025