Jambura Early Childhood Education Journal
Vol 7 No 2 (2025): Jambura Early Childhood Education Journal

Penerapan Ape Dadu Raksasa Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini di Ra Takrimah Tungkob

Maulida, Maulida (Unknown)
Faridy , Faizatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Literasi pada anak usia dini ialah kemampuan anak terhadap memahami dan menggunakan bahasa tertulis. Bahasa juga merupakan alat komunikasi untuk mengungkapkan ide dan isi hati. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di RA Takrimah Tungkob ditemukan masih terbatasnya perbendaharaan kosa kata dan masih minim media pembelajaran yang digunakan, Adapun media yang digunakan kurang tepat sehingga anak kurang tertarik terhadap pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk melihat adakah peningkatan dalam penerapan APE Dadu Raksasa untuk meningkatkan literasi anak usia dini di RA Takrimah Tungkob. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimen menggunakan teknik penelitian Sampling. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan Ape Dadu Raksasa berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di RA Takrimah Tungkob. Temuan ini didasari oleh hasil pretest yang dilakukan sebelum perlakuan, yang mana nilai rata-rata yang didapati murid 8.5 dan dikatagorikan dalam kriteria ‘muncul sebagian kecil’. Setelah diberikan tiga kali (treatment), nilai rata-rata posttets bertambah jadi 13, yang masuk kedalam kriteria ‘muncul pada keseluruhan kegiatan’. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung 12.362 lebih besar dari pada nilai ttabel 1.706, sehingga terdapat dasar untuk menolak Ho dan Menerima Ha. sehingga bisa dikatakan bahwasanya penggunaan Ape Dadu Raksasa dapat meningkatkan Literasi RA Takrimah Tungkob.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jecej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Early Childhood Education Journal is a journal that focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligences, and pedagogies. This journal is published by the Education Teacher and Early Childhood Education Department, Gorontalo State University, ...