Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 7 Bulango Utara. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya partisipasi dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI, yang masih didominasi metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Sampel penelitian adalah siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model PBL dan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai terbuka untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan model pembelajaran aktif, khususnya dalam konteks pembelajaran PAI, serta memberikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang menekankan pada partisipasi aktif dan kemampuan analitis siswa dalam menghadapi permasalahan kontekstual.
Copyrights © 2025