An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 4 (2025): Juli 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 7 BULANGO UTARA KABUPATEN BONE BOLANGO

Mutiara Rengganis Molantong (Unknown)
Herson Anwar (Unknown)
Firmansah Kobandaha (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 7 Bulango Utara. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya partisipasi dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI, yang masih didominasi metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Sampel penelitian adalah siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model PBL dan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai terbuka untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan model pembelajaran aktif, khususnya dalam konteks pembelajaran PAI, serta memberikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang menekankan pada partisipasi aktif dan kemampuan analitis siswa dalam menghadapi permasalahan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...