Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 3 (Juli 2025)

Penggunaan Media Augmented Reality Pada Pembelajaran IPA: Studi Kasus di Salah Satu Sekolah Dasar Islam Karawang

Amelia, Dini (Unknown)
Prabowo, Fadhilah (Unknown)
Subandriyo, Subandriyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran IPA dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang penting dimana peserta didik mempelajari sekumpulan ilmu tentang alam atau makhluk hidup tetapi juga memerlukan cara dalam memecahkan permasalahan yang abstrak. Pembelajaran IPA membutuhkan berbagai penggunaan media dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik memahami ilmu yang dipelajari, yang diantaranya yaitu penggunaan media augmented reality. Dengan memilih media pembelajaran yang tepat maka akan dengan mudah bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan media augmented reality pada pembelajaran IPA: studi kasus di salah satu Sekolah Dasar Islam Karawang. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan observasi langsung, kemudian melakukan wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data yang akurat serta obyektif. Adapun hasil penelitian ini adalah penggunaan media augmented reality pada pembelajaran IPA di salah satu Sekolah Dasar Islam Karawang dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...