Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Kahoot! terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA, khususnya pada materi Energi dan Usaha. Kesulitan siswa dalam memahami konsep abstrak seperti usaha dan energi menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain non-equivalent control group, melibatkan dua kelompok: eksperimen yang menggunakan Kahoot! dan kontrol dengan metode konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari pretest, posttest, dan angket respon siswa. Hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai signifikansi 0,017 (< 0,05). Selain itu, 73,61% siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Kahoot!, yang mencerminkan peningkatan motivasi dan keterlibatan dalam pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa Kahoot! merupakan alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika sekaligus menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Copyrights © 2025