Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 8, No 1 (2025): Juni 2025

Kecenderungan Gaya Belajar Pada Pembelajaran Biologi Siswa Di SMA Negeri 2 Binjai

Afni, Khairini (Unknown)
Sitepu, Dewi Rulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa SMA Negeri 2 Binjai pada pembelajaran biologi. Pengkajian ini menggunakan jenis penelitian kualitatatif dengan metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini sebanyak 48 orang siswa kelas X MIPA dan guru mata pelajaran Biologi. Instrumen yang digunakan didalam pengkajian ini adalah data primer yang berupa hasil wawancara dan hasil angket dan data sekunder berupa jurnal pendukung data primer tersebut. Berdasarkan hasil pengkajian yang dilakukan ditemukan persentase gaya belajar tertinggi sebanyak 63% siswa lebih menyukai dan memahami materi pembelajaran dengan gaya belajar auditori. Hal ini terjadi karena faktor kebiasaan guru mengajar dengan metode ceramah pada awalnya mendapatkan respon positif dari siswa dan hasil belajar yang memuaskan saat guru tersebut belajar untuk mengenali gaya belajar yang dominan bagi para siswanya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perlu bagi seorang guru untuk mengenali, memahami, dan mencari tau gaya belajar apa yang cocok, disukai, dan lebih mudah dipahami bagi para siswanya dan disesuaikan dengan metode mengajar yang dibawakan sehingga para siswa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan sehingga tercapainya tujuan pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...