Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2025)

Dukungan Sosial dan Faktor Demografi dalam Mengatasi Burnout Akademik Mahasiswa : Sebuah Tinjauan Pustaka

Ramadhani, Suci (Unknown)
Maulana, Muhammad Ali (Unknown)
Mita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Abstrak Pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap proses perkuliahan yang tidak maksimal, Academic burnout dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi dan daya serap dari intisari materi yang diberikan serta menurunnya prestasi belajar. Menganalisis faktor yang berhubungan dengan academic burnout pada mahasiswa. Jenis penelitian kajian pustaka atau literature review dengan teknik analisa data menggunakan content analysis, artikel diperoleh melalui database google schoolar, Pubmed, Science Direct, dan neliti dengan menggunakan kata kunci dukungan sosial dengan burnout academic, dukungan keluarga dan akademik burnout, pengaruh dukungan sosial terhadap burnout akademik dan social support AND academic burnout, social support AND student burnout, burnout academic AND factor demographics AND student. Dari 8 artikel penelitian yang ditelaah diperoleh 2 faktor yang mempengaruhi academic burnout yaitu social support dan faktor demografi. Faktor social support memiliki peran untuk mengurangi academic burnout dan faktor demografi menunjukkan bahwa risiko tinggi sindrom burnout secara signifikan berhubungan dengan jenis kelamin, usia, tinggal bersama orang tua dan jenis pembiayaan studi swadana pada mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial dan faktor demografi memilki peran dalam menurunkan tingkat academic burnout. Kata Kunci: Academic Burnout; Sosial Support; Faktor Demografi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BIKKM

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

We focus on publishing ethically and methodologically rigorous scientific research, including original research, literature reviews, and case reports in the medicine and public health ...