Perkembangan kendaraan listrik sebagai solusi transportasi ramah lingkungan mendorong inovasi dalam desain kendaraan ringan, termasuk mobil golf yang digunakan di lingkungan terbatas seperti kampus. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis chassis mobil golf yang sesuai untuk digunakan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember. Desain dilakukan dengan tipe ladder frame menggunakan dua jenis material baja karbon rendah, yaitu AISI 1015 dan AISI 1020. Proses desain dan simulasi dilakukan menggunakan software SolidWorks 2018 dengan fokus pada tiga parameter utama: tegangan (stress), perpindahan (displacement), dan faktor keamanan (Factor of Safety/FOS). Desain chassis diuji menggunakan beban statik yang merepresentasikan penumpang dan komponen kendaraan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa desain terbaik diperoleh pada material baja AISI 1020, yang menghasilkan nilai tegangan maksimum sebesar 111,924N/mm², displacement maksimum 0,934mm, dan FOS sebesar 3,1. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan desain dan material sangat berpengaruh terhadap performa struktural chassis, serta menegaskan bahwa SolidWorks dapat digunakan secara efektif untuk simulasi awal dalam pengembangan kendaraan ringan.
Copyrights © 2025