Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi intervensi guru dalam mendukung pemahaman membaca siswa melalui Strategi Petunjuk Konteks (Context Clues Strategy/CCS) di SMK Negeri 1 Rengasdengklok, Karawang. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui daftar observasi dan wawancara semi-terstruktur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis tematik Braun dan Clarke. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi guru dalam pengajaran membaca menggunakan CCS mencakup beberapa strategi, seperti pengajaran langsung dan pemodelan, perancah, pembelajaran kolaboratif, dan pemantauan berkelanjutan. Penerapan CCS membantu siswa mengidentifikasi kata-kata yang tidak dikenal dan menyimpulkan maknanya, yang secara signifikan meningkatkan pemahaman mereka. Strategi scaffolding memberikan langkah-langkah terstruktur untuk membantu siswa dalam menggunakan CCS, sementara pembelajaran kolaboratif mendorong pertukaran ide di antara para siswa. Pemantauan yang terus menerus oleh guru memastikan dukungan dan umpan balik yang tepat waktu untuk meningkatkan proses pembelajaran. Kesimpulannya, intervensi guru yang terstruktur dengan CCS secara efektif meningkatkan pemahaman membaca siswa dan kemandirian mereka dalam menerapkan strategi ini. Studi ini menyoroti pentingnya pendekatan yang berkelanjutan dan adaptif terhadap pengajaran di sekolah kejuruan, di mana siswa membutuhkan teknik pembelajaran yang lebih praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025