Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ketika mengerjakan soal matematika pada materi deret ukur (Fajar, Kodirun, Suhar, Arapu, 2018). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dyang mendeskripsikan kekmampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis yang terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan menyelesaikan soal tipe analisis, yang terlihat dari banyaknya jawaban yang salah. Hanya dua siswa yang memperoleh nilai rendah, sembilan siswa memperoleh nilai sedang, dan sembilan belas siswa memperoleh nilai berkemampuan pemecahan masalah matematis tinggi.  Penelitian ini menghasilkan data yang dapat dijadikan acuan untuk menilai sejauh mana tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Selain itu, data ini juga dapat digunakan untuk merumuskan solusi terhadap faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025