Abstract Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini merupakan faktor penting dalam mendukung perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk keterlibatan orang tua dan pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif anak di lembaga PAUD. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian dilakukan di dua TK di Kabupaten Nganjuk melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar di rumah, komunikasi aktif dengan guru, serta partisipasi dalam kegiatan sekolah berkontribusi positif terhadap kemampuan kognitif anak, seperti kemampuan berhitung, berpikir logis, serta mengenal huruf dan angka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi keterlibatan orang tua, semakin optimal perkembangan kognitif anak. Oleh karena itu, sinergi antara lembaga PAUD dan orang tua sangat dibutuhkan untuk keberhasilan pendidikan anak usia dini. Kata kunci: keterlibatan orang tua, perkembangan kognitif, anak usia dini, PAUD
Copyrights © 2025