Pengabdian bertujuan merefleksikan dan mengevaluasi implementasi AI dalam kegiatan belajar guru-guru SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Pengabdian ini dilaksanakan dengan pendekatan service learning, melibatkan kerja sama dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya serta partisipasi 25 guru. Tahapan pengabdian berupa Engagement, Reflection, Reciprocity, dan Public Dissemination. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan diskusi. Hasil pengabdian menunjukkan mayoritas guru merasakan manfaat pelatihan dalam pengembangan kemampuan mengajar mereka. Selain itu, banyak guru menilai implementasi AI dalam pembelajaran sejalan dengan tuntutan dinamika kelas. Namun, sebagian besar guru masih menghadapi kendala dalam menguasai teknologi ini, terutama terkait keterbatasan pemahaman teknis. Saran ke depannya mencakup pelatihan intensif guna meningkatkan literasi digital guru serta perbaikan infrastruktur teknologi di sekolah guna mendukung pembelajaran berbasis AI.
Copyrights © 2025