PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 3 No. 04 (2025): JULI 2025

PENGENALAN KLASIFIKASI ZAT KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA INTERAKTIF DAN PERMAINAN EDUKASI

Adi Neneng Abdullah (Unknown)
wea, Anastasia (Unknown)
Banunaek, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Pengenalan konsep klasifikasi zat kepada siswa sekolah dasar seringkali menjadi tantangan karena sifat materi yang abstrak dan kurangnya media pembelajaran yang menarik. kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media interaktif dan permainan edukasi dalam membantu siswa memahami klasifikasi zat berdasarkan wujud (padat, cair, gas) dan sifat-sifatnya. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media interaktif dan permainan edukasi mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan, ditunjukkan melalui peningkatan skor pre-test dan post-test, serta tingginya minat dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sains dasar pada siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...