Al Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 01 (2023): FEBRUARI

METODE TIKRARI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH PENDEK SISWA KELAS I MI AS-SABILILLAH PILANGSARI BEJI

Rahma, Fatikh Inayatur (Unknown)
Fitri, Farihatul (Unknown)
Mustain, Zainul (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penggunaan metode tikrari adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam hafalan surah pendek. Metode tikrari ini digunakan pada pembelajaran Alquran Hadist di kelas 1 MI As- Sabilillah Pilangsari. Pembacaan surat pendek diawali dengan guru membaca dan diikuti oleh siswa, setelah itu, pembacaan surat pendek dilakukan secara bersamaan oleh guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan metode tikrari dan faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan metode tikrari tersebut. Penerapan metode tikrari ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas. Untuk teknik pengumpulan datanya digunakan triangulasi data, yaitu observasi, wawancaran dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan metode tikrari sangat efektif dalam pembelajaran Alquran Hadist pada materi Surah Pendek. Siswa mudah memahami dan menghafal surah surah pendek. Faktor pendukung dari penggunaan metode ini adalah peran orangtua yang berpartisipasi aktif dalam mendukung metode ini ketika dirumah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah durasi dalam pembelajaran Alquran Hadist yang sedikit dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aldawat

Publisher

Subject

Religion Earth & Planetary Sciences Education Library & Information Science Social Sciences

Description

This journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. The scope of Al Adawat : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Teaching ...