Al Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 01 (2024): FEBRUARI

STANDARISASI MUTU PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI PENERAPAN METODE UMMI DI MI ARROSYIDIN JOMBANG

Dwi Wahyuni, Fitri Wulandari (Unknown)
Mahsun, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan perkembangan dan aktualisasi diri individu, terutama dalam konteks pembangunan bangsa dan negara. Penekanan pada mutu menjadi pijakan dalam sistem pembelajaran Al-Qur’an, yang diimplementasikan dengan mengikuti standar mutu pada tahap input, proses, dan output. Suatu penelitian telah dilakukan untuk mengeksplorasi kualitas pembelajaran Al-Qur’an di MI Arrosyidin dengan menerapkan metode Ummi, sebuah pendekatan yang dianggap mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pembelajaran Al-Qur’an di MI Arrosyidin mencapai tingkat yang memuaskan. Peserta didik menunjukkan kemampuan yang baik dan lancar dalam membaca Al-Qur’an. Faktor-faktor yang berkontribusi pada kesuksesan pembelajaran ini meliputi semangat dan dukungan dari peserta didik, orang tua, dan pihak madrasah. Selain itu, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai serta keberadaan guru pengajar Al-Qur’an yang kompeten juga menjadi pendorong efektivitas pembelajaran. Meskipun beberapa tantangan teridentifikasi, seperti masalah disiplin waktu pembelajaran, penggunaan metode Ummi ternyata memberikan hasil positif dalam meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur’an di MI Arrosyidin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aldawat

Publisher

Subject

Religion Earth & Planetary Sciences Education Library & Information Science Social Sciences

Description

This journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. The scope of Al Adawat : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Teaching ...