Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
Vol. 8 No. 2 (2025): Mey - August

Menganalisa Pemanfaatan Sumber Belajar dan Materi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Sulistiyani, Inayatul Mardhiyah Indah (Unknown)
Ningsih, Tutuk (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Pemanfaatan sumber belajar dan materi ajar pada pembelajaran IPS di sekolah dasar sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran di kelas. Oleh karenanya guru perlu memanfaatkan secara maksimal sumber belajar dan materi ajar agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan bagi murid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan sumber belajar dan materi ajar dalam pembelajaran IPS di SDN 1 Karangmalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 5 dan 6 dan peserta didik kelas 5 dan 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar dan materi ajar IPS di sekolah berupa buku pegangan siswa dan guru dari segi isi dan materi masih sangat bersifat umum. Diperlukan sumber belajar lain agar bisa mendukung keberhasilan tujuan pembelajaran IPS. Beberapa guru sudah memanfaatkan sumber belajar digital dan lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan bahan evaluasi yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian berikutnya yang berfokus pada pengembangan sumber belajar dan materi ajar di sekolah dasar khususnya di SDN 1 Karangmalang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...