Pemanfaatan sumber belajar dan materi ajar pada pembelajaran IPS di sekolah dasar sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran di kelas. Oleh karenanya guru perlu memanfaatkan secara maksimal sumber belajar dan materi ajar agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan bagi murid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan sumber belajar dan materi ajar dalam pembelajaran IPS di SDN 1 Karangmalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 5 dan 6 dan peserta didik kelas 5 dan 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar dan materi ajar IPS di sekolah berupa buku pegangan siswa dan guru dari segi isi dan materi masih sangat bersifat umum. Diperlukan sumber belajar lain agar bisa mendukung keberhasilan tujuan pembelajaran IPS. Beberapa guru sudah memanfaatkan sumber belajar digital dan lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan bahan evaluasi yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian berikutnya yang berfokus pada pengembangan sumber belajar dan materi ajar di sekolah dasar khususnya di SDN 1 Karangmalang.
Copyrights © 2025