Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
Vol. 8 No. 2 (2025): Mey - August

Motivasi dan Hambatan Belajar Robotika Anak Usia Sekolah Dasar

Marsiwi, Nugraheni Tri (Unknown)
Mustamid, Mustamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi robotika yang pesat mendorong pentingnya pendidikan robotika sejak dini. Namun, minat belajar robotika pada anak usia sekolah dasar di Indonesia masih rendah. Penelitian ini mengkaji motivasi dan hambatan siswa sekolah dasar dalam belajar robotika di Autobot School. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan teknik purposive sampling terhadap dua siswa, dua guru, dan dua orang tua. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa, orang tua, dan pengajar memiliki harapan tinggi terkait pencapaian dan kontribusi masa depan di bidang robotika, yang sesuai dengan teori kebutuhan McClelland yaitu kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan dan kebutuhan akan afiliasi. Selain motivasi juga terdapat hambatan seperti faktor fisiologis, psikologis, metode belajar, dan kondisi lingkungan yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Kesimpulannya, pencapaian optimal dalam pembelajaran robotika memerlukan integrasi motivasi yang sesuai dengan kebutuhan psikologis siswa dan penanganan efektif terhadap berbagai hambatan internal dan eksternal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...