Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 4 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni - Juli 2025)

Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Amoy Salon)

Ismawati, Irma (Unknown)
Suganda, Uce Karna (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Salon kecantikan adalah sarana pelayanan umum kesehatan kulit dan rambut dan badan dengan perawatan kosmetik secara manual, preparative, aparatif dan dekoratif yang modern maupun tradisional tanpa tindakan operasi / bedah. Majunya teknologi dan informasi mempengaruhi meningkatnya pola dan gaya hidup masyarakat, terutama bagi kaum wanita. Salah satu contohnya adalah melakukan perawatan disalon. Jumlah perempuan yang terus meningkat diikuti dengan meningkatnya jumlah salon kecantikan seolah menjadi ruang bebas untuk membandingkan kualitas antara salon satu dengan yang lainnya. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya keluhan pada dan menurunnya jumlah pelanggan. Para pelaku usaha salon kecantikan dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal dari segi kualitas serta memenuhi setiap harapan dari para pelanggan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia bisnis saat ini telah banyak kita temui salon kecantikan yang telah memasuki dunia pasar jasa. Hal itulah yang membuat suatu perusahaan berlomba-lomba menawarkan kualitas pelayanan yang beragam dan terbaik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel kualitas pelayanan dalam mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan Amoy Salon Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Amoy Salon Bandung dengan 92 responden dengan menggunakan Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas, maka melalui analisis Path. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...