Penelitian ini berfokus pada analisis implementasi pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran kimia bagi siswa SMA/MA. Metode yang digunakan adalah literature review yakni dengan menganalisis sepuluh artikel penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil analisis melaporkan bahwasannya menerapkan CTL secara konsisten akan membuat hasil belajar siswa meningkat, keaktifan, motivasi belajar, serta logis dalam berpikir kritis. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh kenaikan ketuntasan belajar pada semua studi, sementara aktivitas siswa meningkat melalui keterlibatan aktif dalam inkuiri dan diskusi. Motivasi siswa juga mengalami kenaikan signifikan, mendorong pembelajaran yang lebih bermakna dan berkelanjutan. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkembang melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis kontekstual. Faktor lain yang turut mempengaruhi efektivitas CTL adalah peran guru sebagai fasilitator, penggunaan media pembelajaran yang relevan, dan manajemen waktu yang efektif. Temuan ini menegaskan bahwa model CTL merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia tingkat SMA/MA.
Copyrights © 2025