Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam meningkatkan kompetensi supervisi kepala madrasah di Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. Pengabdian ini menggunakan metode bimbingan dengan difasilitasi berbagai literatur, jurnal, dan dokumen terkait supervisi kepala madrasah dan implementasinya dalam konteks KKMTs Sagaranten. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Bimtek supervisi efektif dalam meningkatkan pemahaman kepala madrasah mengenai teknik supervisi yang tepat, perencanaan program supervisi, serta evaluasi hasil supervisi. Peningkatan kompetensi ini berdampak positif pada kualitas pembelajaran dan manajemen madrasah. Penyelenggaraan Bimtek secara berkala dan berkelanjutan sangat diperlukan untuk memastikan kepala madrasah memiliki kemampuan supervisi yang optimal. Selain itu, perlu adanya dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait untuk menyediakan sumber daya dan fasilitas yang memadai
Copyrights © 2024