Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan serta solusi yang berkaitan dengan pengajaran matematika dan bahasa Indonesia di sekolah dasar. Hambatan dalam mempelajari bahasa Indonesia, khususnya dalam membaca permulaan, meliputi pengenalan huruf yang buruk, rasa percaya diri yang rendah, dan ingatan akan kata dan kalimat yang buruk. Sementara itu, tantangan utama siswa dalam belajar matematika adalah ketidakmampuan mereka untuk memahami konsep perkalian dan kurangnya motivasi. Tantangan-tantangan ini disebabkan oleh alasan eksternal dan internal, termasuk kurangnya partisipasi orang tua, kurangnya metodologi pembelajaran yang beragam, dan bakat anak-anak yang terbatas.  Berbagai solusi telah dilakukan, termasuk menawarkan pengajaran khusus, menggunakan teknik berbasis permainan interaktif, dan menggunakan alat bantu visual untuk membuat konsep pembelajaran lebih mudah dipahami.  Pembelajaran matematika dan bahasa Indonesia dapat ditingkatkan untuk membantu siswa menjadi lebih mahir dengan metode yang tepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025