PERMANA : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi
Vol. 17 No. 3 (2025): Special Issue

Peran Pemasaran Digital dalam Peningkatan Brand Awareness, Daya Saing dan Profitabiltas Pada UMKM Kuliner Tradisional Manado

Derek, Zerah Elisa (Unknown)
Therok, Francisca A (Unknown)
Bahalau, Yoan P M (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini secara mendalam mengkaji peran pemasaran digital dalam meningkatkan brand awareness, daya saing dan Profitabilitas pada UMKM kuliner tradisional di Manado. Menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini menganalisis pengalaman, persepsi, dan strategi yang diterapkan oleh para pelaku UMKM. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sepuluh pemilik UMKM kuliner tradisional di Manado. Hasilnya menunjukkan bahwa pemasaran digital, terutama melalui media sosial dan platform pesan instan, telah memberikan kontribusi signifikan. Ini terlihat dari peningkatan jangkauan pasar, interaksi pelanggan, dan pada akhirnya, dampak positif pada profitabilitas, pengenalan merek, serta posisi kompetitif UMKM. Studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis dan rekomendasi bagi UMKM kuliner tradisional di Manado untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital mereka guna mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di era digital saat ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

permana

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Taxation Science Corporate Tax Individual Tax Accounting and Planning Taxes and Business Strategy Taxation Procedures for Estates, Trusts and Partnerships Financial Accounting Taxation Procedures for C Corps and S Corps Payroll and Business Tax Accounting Management Science Marketing Financial ...