Pendidikan agama merupakan hal penting bagi siswa, dikarenakan materi yang termuat adalah untuk kebaikan kehidupan dunia dan akhirat. Namun, kesenjangan motivasi siswa yang telah dipaparkan diatas tentunya sangat menghambat keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan metode drilling pada materi hafalan hadits dalam pembelajaran PAI di SD SIKL 2) memaparkan interkoneksi teori behaviorisme dengan materi hafalan hadits dalam pembelajaran PAI berbasis drilling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian direduksi, disajikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan drilling pada materi hafalan hadits dilakukan melalui 3 tahap, yakni pembukaan yang diisi oleh penyampaian konsep dan hakikat dari materi pelajaran, selanjutnya tahap pelakasanaan metode drilling dengan target capaian hafalan hadits tentang saling menghormati dan menyayangi, dan ditutup dengan penguatan serta motivasi oleh guru PAI. 2) metode drilling memberikan implikasi pada sikap siswa yang semakin akrab dengan teman sebaya dan menghormati para tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan sekolah. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa adanya kaitan dan koneksi antara teori behaviorisme dengan materi hafalan hadits dalam pembelajaran PAI yang dilakukan dengan metode drilling.
Copyrights © 2025