Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis pemikiran James A. Banks dalam perspektif pendidikan Islam serta mengkaji relevansi dan aplikasinya dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Pemikiran Banks mengenai pendidikan multikultural yang meliputi lima dimensi utama-Content Integration, The Knowledge Construction Process, Prejudice Reduction, Equity Pedagogy, dan Empowering School Culture and Social Structure-merupakan kontribusi penting dalam membangun sistem pendidikan yang inklusif, adil, dan kontekstual terhadap keragaman masyarakat. Gagasan-gagasan tersebut selaras dengan prinsip dasar pendidikan Islam yang menekankan nilai kesetaraan, keadilan, penghargaan terhadap keberagaman, serta pengembangan akhlak dan kesadaran sosial. Dengan demikian, integrasi pemikiran Banks dalam pendidikan Islam tidak hanya memungkinkan secara teoritis, tetapi juga memperkaya pendekatan pedagogis agar lebih relevan dan transformatif dalam membentuk insan berkarakter mulia dan toleran di tengah masyarakat majemuk.
Copyrights © 2025