EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 4 (2025): Agustus

Studi Analisis Kemampuan Mengenal Alat-alat Ukur Fisika Bagi Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas

Tawil, Muh (Unknown)
S, Salma Samputri, (Unknown)
Putra, Andry S. Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Kemampuan mengenal alat-alat ukur fisika bagi peserta didik sangat urgen diteliti, agar dapat diatasi. Tujuan penelitianuntuk mendapatkan informasi kemampuan mengenal alat-alat ukur fisika peserta didik kelas XI Sekolah menengah atas, yakni mengenal fungsi alat- alat ukur; batas ukurnya; dan Nilai skala terkecil. Jumlah populasi 431 orang dan Jumlah sampel 143 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode random sampling. Hasil penelitian: (1) skor rata-rata kemampuan mengenal alat-alat ukur fisikasebesar3,060 kategori tinggi, (2) skor rata-rata kemampuan mengenal nama alat-alat ukur fisika 3,007 ategoritinggi, (3) skor rata-rata kemampuan mengenal fungsi alat- alat ukur fisika3,08 kategori tinggi, (4) skor rata-rata kemampuan mengenal batas ukur pada alat-alat ukur fisika 3,08 tergolong tinggi, dan (5) kemampuan mengenal NST alat-alat ukur fisika 3,02 tergolong tinggi. Kesimpulan, kemampuan mengenal alat-alat ukur fisika peserta didik kelas XI sekolah menengah atas termasuk tinggi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...