Kemampuan mengenal alat-alat ukur fisika bagi peserta didik sangat urgen diteliti, agar dapat diatasi. Tujuan penelitianuntuk mendapatkan informasi kemampuan mengenal alat-alat ukur fisika peserta didik kelas XI Sekolah menengah atas, yakni mengenal fungsi alat- alat ukur; batas ukurnya; dan Nilai skala terkecil. Jumlah populasi 431 orang dan Jumlah sampel 143 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode random sampling. Hasil penelitian: (1) skor rata-rata kemampuan mengenal alat-alat ukur fisikasebesar3,060 kategori tinggi, (2) skor rata-rata kemampuan mengenal nama alat-alat ukur fisika 3,007 ategoritinggi, (3) skor rata-rata kemampuan mengenal fungsi alat- alat ukur fisika3,08 kategori tinggi, (4) skor rata-rata kemampuan mengenal batas ukur pada alat-alat ukur fisika 3,08 tergolong tinggi, dan (5) kemampuan mengenal NST alat-alat ukur fisika 3,02 tergolong tinggi. Kesimpulan, kemampuan mengenal alat-alat ukur fisika peserta didik kelas XI sekolah menengah atas termasuk tinggi
Copyrights © 2025