EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Vol. 5 No. 2 (2025)

KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP IKLIM KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Hardiansyah, Rila (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

This study aims to (1) obtain an overview of the Democratic Leadership of the principal at SMPN 13 Mataram, (2) obtain an overview of the Teachers' Work Climate at SMPN 13 Mataram, and (3) find out how the Democratic Leadership of the Principal influences the Teachers' Work Climate at SMPN 13 Mataram in the 2018/2019 Academic Year. This study is an ex post facto study with a quantitative approach and correlational design. Data were collected using a questionnaire method and also supported by documentation. The data obtained were then analyzed using descriptive statistics and simple linear regression analysis. The results of the analysis show that (1) the description of the democratic leadership of the principal with a good category amounted to 76.6%, sufficient 23.4% and less than 0%; (2) the description of the teacher's work climate with a good category amounted to 78.7% and sufficient 21.3% while less than 0%; and (3) the results of the regression analysis provide a t-value of 16.22 with a significance level of 0.000 so that it becomes the basis for rejecting H0 and accepting Ha. The conclusion that was then drawn, specifically related to hypothesis testing, was that the principal's Democratic Leadership had a significant influence on the teacher work climate at SMP Negeri 13 Mataram in the 2018/2019 Academic Year. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran mengenai Kepemimpinan Demokratis kepala sekolah di SMPN 13 Mataram, (2) memperoleh gambaran mengenai Iklim Kerja guru di SMPN 13 Mataram, dan (3) mengetahui bagaimana Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Iklim Kerja Guru di SMPN 13 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eks post facto dengan pendekatan kuantitatif dan desain korelasional. Data dikumpulkan dengan metode angket dan didukung juga oleh dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) gambaran mengenai kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan kategori baik yang berjumlah 76,6%, cukup 23,4% dan kurang 0%; (2) gambaran mengenai iklim kerja guru dengan kategori baik berjumlah 78,7% dan cukup 21,3% sedangkan kurang 0%; dan (3) hasil analisis regresi memberikan nilai t-hitung sebesar 16,22 dengan taraf signifikansi 0,000 sehingga menjadi dasar untuk menolak H0 dan menerima Ha. Kesimpulan yang kemudian diambil, khusus terkait pengujian hipotesis, adalah bahwa Kepemimpinan Demokratis kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap iklim kerja guru di SMP Negeri 13 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educator

Publisher

Subject

Education Other

Description

EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam smua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Pendidikan ...