Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Literatur Review: Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa SMA Melalui Implementasi Model Argument-Driven Inquiry (ADI)

Offy Resdiantari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Kemampuan komunikasi khususnya keteampilan argumentasi merupakan tuntutan primer terutama bagi semua pelajar dalam memenuhi tuntutan pendidikan abad-21. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran deskripsi literatur berkaitan dengan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dan pengaruhnya pada Keterampilan argumentasi siswa tingkat SMA. Penelitian ini menerapkan model kajian literatur dalam menganalisis dara. Kalian literatur di terapkan terhadap sepuluh artikel jurnal rujukan yang diperoleh dari database Sinta yang diterbitkan pada tahun 2016 hingga 2025. Hasil studi literatur menunjukan bahwa penerapan model ADI setidaknya diterapkan dengan sintaks yang terdiri dari beberapa langkah yakni membuat pertanyaan penyelidikan atau rumusan masalah, pengumpulan data, menyusun argumen sederhana, interaksi argumentatif (diskusi reflektif dan terbuka), menyusun laporan investigasi tertulis, dan mengintegrasikan pengetahuan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dari sepuluh rujukan yang dianalisis menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran ADI memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatkan kemampuan argumentasi sekaligus menunjang peningkatan keterampilan siswa dalam berpikir kritis dan menyelesaikan masalah pada siswa tingkat SMA. Selain itu, perlu adanya pengembangan keterampilan guru, analisis kebutuhan situasional siswa dan tingkat pemahaman siswa terhadap model pembelajaran menjadi aspek penting dalam menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran dengan penerapan model ADI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...