Perkembangan teknologi telah masuk ke dalam sektor pendidikan untuk menjadikan proses belajar lebih fleksibel dan interaktif. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Replit bagi mahasiswa semester IV di PTI Undikma, untuk memfasilitasi pembelajaran praktik yang fleksibel dan berbasis kelompok. Proses penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini mendapatkan validasi sebesar 100% dari segi materi, tata cara penyampaian, dan kemudahan pemahaman, dengan dua indikator netral sebesar 20%. Respon dosen menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terkait fleksibilitas, efisiensi, dan efektivitas pembelajaran. Umpan balik dari mahasiswa juga sangat positif, dengan lebih dari 90% menilai perangkat ini mempermudah proses belajar melalui fitur coding real-time, kolaborasi langsung, dan pembelajaran berbasis praktik tanpa instalasi tambahan. Perangkat ini bermanfaat dalam meningkatkan pembelajaran interaktif. Namun, disarankan untuk menyesuaikan latihan agar lebih kontekstual dan menyediakan bantuan teknis kepada dosen guna memastikan pemanfaatan perangkat secara maksimal.
Copyrights © 2025