Era digital saat ini, transformasi pembelajaran menjadi suatu keharusan, terutama dalam konteks pendidikan Agama seperti Aqidah Akhlak di Pesantren. Artikel ini membahas peran media Book Creator terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain pre-experimental dengan bentuk one grup pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random sampling, dengan jumlah sampel 19 orang siswa kelas VII putra di Pesantren Modern Madinah Al Munawwarah Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Data diperoleh melalui tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam pembelajaran 79% dalam kategori Baik. Hasil belajar akidah akhlak siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Book Creator diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,58% yang dapat diklasifikasikan dalam kategori rendah. Sementara itu, hasil belajar akidah akhlak siswa sesudah menggunakan media pembelajaran Book Creator diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,84% diklasifikasikan dalam kategori tinggi. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,00 (p < 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunaan media Book Creator.
Copyrights © 2025